scriptDewa - What a hell!

Sunday, July 17, 2005

Suatu hari di Kota Kudus...2004
dear rekan,mungkin ada yang pernah baca posting saya di bawah di beberapa milis.Tapi nggak ada salahnya saya cerita ke teman-teman pengalaman saya waktu riset kemarin,salamsony set.
suatu pagi di kota kudus
**************************
kira-kira 10 hari yang lalu, saya dapet order yangcukup 'menggembirakan'.order itu datang lewat email dari seseorang produser.kira-kira begini bunyinya - kurang lebih, lebihdikurangin.....-"Bisa bikin sitkom? 13 episode? berapa budgetnya?nomor rekening kamu?-Hubungi saya secepatnya 0811...."jangkrik! ini email apaan? saya coba konfirmasi, lewatnomor hp,ceklak-ceklik berbagai huruf di keypad, ngirim smssejatinya, nanya kebenaran email tersebut.[hmmm..jadi penulis 'panggilan','sms-an', 'emailan'dan sebagainya ternyata ada untungnya..]dididididit ...[hp saya gak pake ring tone, bunyinyastandar, standar suara cetit-cetit...eh ..didit didit]Tunggu punya tunggu, beberapa menit kemudian terdengarbalesan, terus seterusnya, terus seterusnya, sampaisatu jam kemudian saya datang ke ATM demi mencek saldosaya [ gila....ini produser apaan? ngirim DP 50%dimuka tanpa ba-bik-bug...tanpa sehelai suratperjanjian, dan saya belum mengerjakan apapun!].Ya udah, saya bales telepon ke beliau,"Ok Bos, saya sanggup bikin!""Idenya apaan? bisa ngomong sekarang?"Zrrrrruutttttsss..otak saya muter cepet banget, dandengan semangat 2004 saya segera 'ngoceh nggak karuan'"BECAK BOS! SITKOM BECAK! 13 Episode, Minggu depanjadi semua!Pokoknya beres bos!!!!!""Bagus! Pokoknya dibikin Lucu ya?"Wah? udah gila ya? gini nih kalo euphoria, urat syarafsaya jadi setingkat sama Frankestein atau mungkin samadengan provokator yang dapat order :)Lalu dengan semangat 99, saya mulai berangkat riset(ya riset teman-teman...sekali lagi riset..dan sayaserius untuk ini). Maka pulanglah saya ke kota-kotatercinta, tempat haribaan becak-becak tujuan obyekriset saya! Tentu saja saya nggak mau bersusah payahmencari becak dibilangan monas...mana ada? dan sayanggak lagi bikin riset tentang kijang!Kembali ke Jogja, Solo, Semarang dan Kudus.Idenya satu, cari data selengkapnya tentang kehidupantukang becak! Nafsunya kepingin mengkonversi inimenjadi tayangan sitkom BECAK BAJ....N...ups..apapunnamanya nanti, pokoknya harus jadi Sitkom..kom..kom.Lalu saya telusuri lorong-lorong kota Solo, Alun-alunKraton Jogja, kota lama semarang sampai simpang tujuhkota kudus. yes teman-teman, saya melihat betapabanyaknya ide bertebaran disana...nyam,nyam,nyam, 212tukang becak mangkal dipinggir-pinggir jalan. Sayacoba dekati mereka, kepingin tahu bagaimana merekahidup dan berhumor! [yes saya manusia kapitalis yangmencoba mencuri 'urat nadi kelucuan mereka'] Dan sayaterpingkal-pingkal ketika mendengarkan merekaberbicara :"Kowe ngerti nggak Dul! Becakku 'bar ngalahke Shogun!Tak' pepet sedikit, motore mblasuk sawah! Becakku toptenan!"[maaf saya tidak bersedia menerjemahkan kata-katadiatas (dan dibawah), biarlah menjadi bahan rahasiadapur saya sendiri]"Lha Piye Jal, Becakku bar wae di reparasi, pelek karoban'ne tak ganti kabeh. Habisnya 300 ribu!""Wah edan kowe? 300 ribu mahal tenan? Becakku wae wis10 tahun ora tak' ganti apa-apa'ne. Tetep Josss dandahsyat tenan!""Becakku mau mbengi Nabrak Sapi!""Wah Tenane? Bengi-bengi kok nabrak sapi? Ora mungkin,Nek Mbengi ,Sapine pasti wes turu!""Maksudte si Sapi'i, bocah kulon alun-alun. Uwongebabak bundas, mlebu rumah sakit!""Lha Edan kowe?"ya itu sebagian data riset dialog-dialog yang menurutsaya "lucu" dan siap dipermak menjadiskenario-skenario keegoisanku. Dan kamu tahu teman?ada sekitar 500 dialog dan kejadian yang sangat "lucu"- dalam pandangan mataku - tentang kehidupan tukangbecak, betapa mereka begitu liat, kuat dan guyon terussetiap hari.Wah kalau jadi sitkom, betapa dahsyatnya, gaya tukangbecak bertutur dengan kegilaan dialog ala mereka!Wadduh..ini pasti jadi sitkom hebat..hebat tenan.Lalu proses pengumpulan data kwalitatif dankwantitatif sudah mendekati kulminasi akhir. Pokoknyasaya sudah siap bikin skenario yang siap dijual dimanasaja, kapan saja plus..plus..janji-janji gombal ratingtinggi.Dan....Dan ketika lewat hari ke sembilan, secara nggaksengaja saya lewat di sebuah SD disuatu perempatan dikota kudus. Matahari belum tinggi, masih jam 6.45,tiba-tiba saja saya mengamati pemandangan nostalgia.Puluhan seragam merah putih dengan tas ransel, rambutkepang anak-anak gadis mungil dan segala tentang masakecil, ah bukankah saya sudah terlalu tua untukmerindukan itu?Langkah-langkah ringan masuk kedalam gerbang sekolah,sebagian diantarkan ayah atau ibunya naik motor [ohya, di kota ini, sebagian besar penduduknya mempunyaisepeda motor], ada juga yang diantarkan naik mobil,dan ada juga yang diantarkan...antarkandengan...becak!Sesaat darah saya berdesir, seorang tukang becakberusia 40tahunan, mengantarkan anaknya yang masihduduk di kelas 1 sd (itu perkiraan saya).Anaknya, seorang putri yang manis, bapaknya seorangtukang becak dengan kulit legam diterjang sinarmatahari sepanjang hidup. Berarti kalau dia berumur 40tahun, dia sudah jadi tukang becak sejak......ah...lama sekali?[tukang becak berumur 40 tahun, pasti punya pengalamanNggenjot Becak puluhan tahun juga! ]............Bukan itu yang membuat saya tiba-tiba terdiam danmenahan napas, tetapi kalimat2x kecil dari sang putriyang mencium tangan ayahnya sebelum masuk ke gerbangsekolah."Bapak hati-hati ya? mimi' mau sekolah dulu.."" ya nduk, belajar yang pinter ya..."" mimi masuk dulu ya Pak,"Mimi sang putri tukang becak tersebut berbalik badan,tiba-tiba teguran ayahnya menghentikan langkahnya."Nduk, kamu belum lapar kan? "si Mimi menggeleng lemah...sang tukang becak kembali membelai rambut mimi..."bapak cari uang dulu ya Nduk, nanti jam 9, pasistirahat sekolah, bapak pasti datang ke sini bawauang jajan buat kamu"Mimi hanya mengangguk pelan..."Doain bapak dapat uang ya Nduk, nanti jam 9, bapakpasti datang..."sekali lagi diulang kalimat tersebut, walau terdengaryakin, tapi tukang becak itu mengucapkannya seolahseperti menahan beban..mimi tersenyum dan masuk kedalam gerbang..."hati-hati ya pak," teriaknya sekali lagi sambilmelambaikan tangan.teman...seketika itu badan saya luruh lunglai...bagai dipalugodam yang sangat berat menghajar kepala ini.terkutuklah saya! betapa memalukan tingkah saya selamaini, memanfaatkan orang lain hanya untuk mencarikeuntungan semata. Seenaknya menertawakan nasib oranglain diatas penderitaannya...mahluk macam apa saya?dan segala macam ide sitkom BECAK BAJ....N itu hilangsudah...tamat sudah...aku lempar jauh-jauh dilubukpenyesalan..nggak bisa hilang...saya tetap merasabersalah...maafkan saya mimi....

sony set.ps. maafkan bila terlalu panjang dan memenuhi inbox anda.

2 Comments:

  • At 4:31 AM, Blogger qwyu75vmkm said…

    ='Brand New News From The Timber Industry!!'=

    ========Latest Profile==========
    Energy & Asset Technology, Inc. (EGTY)
    Current Price $0.15
    ================================

    Recognize this undiscovered gem which is poised to jump!!

    Please read the following Announcement in its Entierty and
    Consider the Possibilities
    Watch this One to Trade!

    Because, EGTY has secured the global rights to market
    genetically enhanced fast growing, hard-wood trees!

    EGTY trading volume is beginning to surge with landslide Announcement.
    The value of this Stock appears poised for growth! This one will not
    remain on the ground floor for long.

    Keep Reading!!!!

    ===============
    "BREAKING NEWS"
    ===============

    -Energy and Asset Technology, Inc. (EGTY) owns a global license to market
    the genetically enhanced Global Cedar growth trees, with plans to
    REVOLUTIONIZE the forest-timber industry.

    These newly enhanced Global Cedar trees require only 9-12 years of growth before they can
    be harvested for lumber, whereas worldwide growth time for lumber is 30-50 years.

    Other than growing at an astonishing rate, the Global Cedar has a number of other benefits.
    Its natural elements make it resistant to termites, and the lack of oils and sap found in the wood
    make it resistant to forest fire, ensuring higher returns on investments.

    the wood is very lightweight and strong, lighter than Poplar and over twice
    as strong as Balsa, which makes it great for construction. It also has
    the unique ability to regrow itself from the stump, minimizing the land and
    time to replant and develop new root systems.

    Based on current resources and agreements, EGTY projects revenues of $140 Million
    with an approximate profit margin of 40% for each 9-year cycle. With anticipated
    growth, EGTY is expected to challenge Deltic Timber Corp. during its initial 9-year cycle.

    Deltic Timber Corp. currently trades at over $38.00 a share with about $153 Million in revenues.
    As the reputation and demand for the Global Cedar tree continues to grow around the world
    EGTY believes additional multi-million dollar agreements will be forthcoming. The Global Cedar nursery has produced
    about 100,000 infant plants and is developing a production growth target of 250,000 infant plants per month.

    Energy and Asset Technology is currently in negotiations with land and business owners in New Zealand,
    Greece and Malaysia regarding the purchase of their popular and profitable fast growing infant tree plants.
    Inquiries from the governments of Brazil and Ecuador are also being evaluated.

    Conclusion:

    The examples above show the Awesome, Earning Potential of little
    known Companies That Explode onto Investor�s Radar Screens.
    This stock will not be a Secret for long. Then You May Feel the Desire to Act Right
    Now! And Please Watch This One Trade!!


    GO EGTY!


    All statements made are our express opinion only and should be treated as such.
    We may own, take position and sell any securities mentioned at any time. Any statements that express or involve discussions with respect
    to predictions, goals, expectations, beliefs, plans, projections, objectives, assumptions or future events or performance are
    not statements of historical fact and may be "forward, looking
    statements." forward, looking statements are based on expectations, estimates
    and projections at the time the statements are made that involve a number of risks and uncertainties which could cause actual results
    or events to differ materially from those presently anticipated. This newsletter was paid $3,000 from third party (IR Marketing).
    Forward,|ooking statements in this action may be identified through the use of words such as: "projects", "foresee", "expects". in compliance with Se'ction 17. {b), we disclose the holding of EGTY shares prior to the publication of this report. Be aware of an inherent conflict of interest resulting from such holdings due to our intent to profit from the liquidation of these shares. Shares may be sold at any time, even after positive statements have been made regarding the above company. Since we own shares, there is an inherent conflict of interest in our statements and opinions. Readers of this publication are cautioned not to place undue reliance on forward,looking statements, which are based on certain assumptions and expectations involving various risks and uncertainties that could cause results to
    differ materially from those set forth in the forward- looking statements. This is not solicitation to buy or sell stocks, this text is
    or informational purpose only and you should seek professional advice from registered financial advisor before you do anything related with buying or selling stocks, penny stocks are very high risk and you can lose your entire investment.

     
  • At 8:47 AM, Blogger Musfar Yasin said…

    Salam kenal kembali Mas Sony. Iya, tugas saya memang sebagai penulis skenario, habis bingung mau ngapain yang lain. Saya juga mencoba mengajak para penulis muda bergabung menulis dengan saya. Nggak mudah ternyata. Sampai hari ini masih sedang diperjuangkan.
    Oke, sehat dan sukses selalu juga untuk anda. Salam.

     

Post a Comment

<< Home